Pengalaman Bekerja di Pt. Toyota Boshoku Indonesia

Pengalaman bekerja di Pt. Toyota Boshoku Indonesia -      Pada artikel ini saya akan mencoba menceritakan sedikit pengalaman saya bekerja di perusahaan yang merupakan vendor dari TMMIN ini. Pt. Toyota Boshoku Indonesia ini memproduksi jok / seat mobil dan komponen interior lain nya. Saya juga akan memberikan ulasan mengenai gaji, tunjangan, fasilitas, dan proses seleksi seperti tes fisik dan lain sebagainya.


Semua bermula pada bulan Februari 2016,  pada waktu itu banyak dari kawan - kawan pencaker yang dipanggil untuk mengikuti tes Pt. Toyota Boshoku Indonesia ini akhirnya saya pun mencoba melamar, bagi yang ingin mencoba melamar langsung saja buka website resmi TBINA. Setau saya jalan satu - satu nya untuk melamar ke perusahaan ini adalan lewat website dan bukan melalui email.

Saya mengirim lamaran selama 3 hari berturut - turut di pagi hari, hasil nya pada hari ke 4 pun saya di panggil untuk tes di pulogadung, jarak yang cukup jauh karena saya sendiri tinggal di Sukaresmi, Cikarang selqtan.

Banyak yang beranggapan kalau panggilan tersebut palsu atau tipu - tipu karena tes nya tidak di alamat pabriknya di kawasan MM2100 Cibitung, tapi patut kalian ketahui bahwa tempat yang digunakan untuk tes dipulogadung tersebut adalah bangunan lama bekas pabrik Pt. Toyota Boshoku Indonesia juga.

Tahap tes rekruitmen nya hampir sama seperti perusahaan lain   apa saja ?

1. Psikotest
Psikotest nya berupa tes Kraeplin dan Matematika dasar, sebelum mengikuti psikotest setiap peserta diukur tinggi badan terlebih dahulu tinggi badan minimal laki - laki adalah 160 cm sedangkan wanita 155 cm, bagi yang tingginya kurang dari standar tersebut maka langsung di minta pulang dan tidak boleh mengikuti tes.

2. Tes Fisik
Untuk Tes Fisik nya antara lain lari memutari gedung selama 20 menit tidak ada aturan harus berapa putaran tapi yang pasti semakin banyak semakin bagus, angkat barble yang beratnya kurang lebih 15 kg 10 kali angkatan, push up 10 kali, sit up 10 kali dan juga peserta diminta telanjang dada untuk di cek apakah bertato dan apakah pernah patah tulang.

3. MCU
Berbeda dengan perusahaan lain yang biasanya proses MCU dilaksanakan setelah Interview, di Pt. Toyota Boshoku Indonesia MCU dilaksanakan justru sebelum Interview dan pada tahap inilah banyak peserta yang gagal. MCU dilaksanakan di Rs. Bella dengan biaya 195 rb. Dalam MCU ada beberapa hal yang harus diperhatikan anda bisa membaca artikel saya tentang tips jitu medical check up.

4. Interview
Pada proses interview ini berkas - berkas harus lah lengkap termasuk SIM dan Surat Keterangan Belum Nikah jika salah satu berkas ini tidak ada maka kemungkinan akan dipending atau malah bisa gagal. Ada banyak pertanyaan yang disampaikan pada waktu itu semuamya telah saya rangkum di contoh pertanyaan yang pasti ditanyakan pada waktu wawancara kerja.

5. Induksi
Saya tidak paham apa istilah lain untuk induksi ini tapi yang jelas Induksi berlangsung selama 4 hari, selama 4 hari kita akan duduk santai diruangan ber AC dengan kursi empuknya dan disuguhi materi ringan seperti sejarah perusahaan, lalu 5R dll.

6. OJT
OJT atau On Job Training ini merupakan tahap terakhir seleksi, OJT dilaksanakan selama 2 minggu dan peserta tidak boleh telat atau mangkir jika ada yang telat atau mangkir maka akan beresiko proses TTK atau Tanda Tangan Kontraknya akan dipending atau bahkan di cancel.

Setelah melewati rentetan proses panjang saya pun resmi menanda tangani kontrak pada tanggal 3 Mei 2016 durasi kontrak nya adalah 1 tahun.

ID Card

Taman

Entahlah :D


Saya ditempatkan di plant 2 bagian Sewing tau apa itu Sewing ? Sewing itu menjahit, iya menjahit   banyak orang yang ketika bertanya apa pekerjaan saya dan saya jawab tukang jahit di TBINA mereka tidak percaya.

Pada awal masuk saya pikir saya akan ditempatkan di bagian yang agak keren seperti welding dan molding tapi atasan berkata lain, toh di sewing kerjanya bersih dan juga banyak ceweknya. Dan yang paling saya apresiasi adalah kekeluargaan dan solidarity disini sangat baik.

Baru sekitar 2 minggu setelah saya TTK saya langsung masuk Rumah Sakit dan dirawat inap selama 2 hari 3 malam karena terkena Demam Berdarah, dan untung saja asuransi yang diberikan oleh perusahaan berfungsi dengan sangat baik. Dirawat 2 hari 3 malam di Rs. Mitra Keluarga menelan biaya sebesar Rp. 4.900.000 namun saya tidak sepeserpun mengeluarkan uang.

Pada awal masuk saya ditempatkan di Line Tafnel ( Semacam kain yang digunakan untuk meredam suara gesekan atau noise) baru satu bulan kemudian saya di pindahkan ke Line Sienta yang merupakan project baru Toyota, di Line Sienta waktu itu belum jalan produksi dan masih tahap training job yang berlangsung kurang lebih selama 2-3 bulan, jadi selama 2-3 bulan itu saya tidak bekerja melainkan hanya main-main dan dibayar.. Hahhaa karena produksi belum jalan.

Setelah itu Line Sienta pun beroperasi dan produksi nya pun digenjot habis - habisan lembur pun bak durian runtuh, sangat banyak. Pada bulan itu saya mendapatkan gaji sebesar Rp. 7.200.000.

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran  berapa sih gaji pokok dan tunjangan di tbina ??
Berikut ini saya paparkan :

- Gaji pokok sebesar Rp. 3.628.000
- Tunjangan Transport sebesar Rp. 42.000/hari
- Insentive kehadiran sebesar Rp. 80.000/bulan
- Tunjangan shift Rp. 10.000/hari, tunjangan shift hanya didapatkan jika kita ada shift malam untuk karyawan yang non-shift maka tidak mendapatkan tunjangan shift ini.

Di Tbina juga ada program menabung jadi setiap tanggal gajian ada sebagian dari gaji untuk ditabung, jumlah minimalnya adalah Rp. 300.000 namun kalau karyawan tidak bersedia atau tidak berkeinginan untuk menabung juga tidak masalah.

Fasilitas lain di Tbina ?

Makan, seragam, Susu(hanya pas lembur week end), di area pabrik juga ada arena olahraga seperti Lapangan Futsal, Lapangan Badminton, Tenis meja, Gym dan juga ada Studio Musik. Sayangnya perusahaan tidak menyediakan bis jemputan yang ada hanya mobil pribadi itu pun yang menggunakan nya kebanyakan karyawan yang sudah lansia.. Hahah

Selain itu untuk bisa memarkirkan kendaraan didalam area pabrik juga banyak persyaratan nya, Motor harus standar, Helm Ful face, dan yang paling penting adalah memiliki Sticker ijin parkir yang untuk mendapatkan nya harus mengajukan terlebih dahulu lalu menunggu cukup lama agar dibuatkan sticker tersebut.

Jika belum memiliki sticker tersebut terpaksa harus parkir di kantor pos yang ada di sebelah barat pabrik dengan biaya Rp. 3000

Namun dunia industri dan bisnis bukan lah dunia yang statis melainkan dinamis dan fluktuatif, baru sebulan beroperasi dan digenjot habis-habisan dibulan selanjutnya produksi justru menurun derastis karena  mobil Sienta ini tidak laku. Akhirnya saya pun dipindah ke Line Kulit / Leather untuk mobil Fortuner.

Baru 2 minggu di Line Kulit saya terkena Tipes karena memang di Line Kulit ini lemburnya bisa dibilang paling rajin di banding Line-Line lain.

Oiya buat kalian yang pengen dapet info terupdate seputar lowongan kerja terbaru saya merekomendasikan website ini : www.loker-like.com

Sampai akhirnya di bulan November 2016 saya memutuskan untuk Resign karena saya merasa saya tidak mampu secara fisik bekerja di situ.

Terlepas keputusan saya untuk resign benar atau salah tapi itulah keputusan saya, dan saya pun masih menganggur sampai sekarang karena memang tekad saya untuk kembali bekerja menjadi buruh pabrik sudah tidak terlalu besar. Saya ingin menjadi orang yang berpikiran luas dan cerdas. Saya tidak suka bekerja dibawah kekangan orang lain, saya yakin bahwa rezeki tidak harus dari pabrik.

Jadilah orang yang bisa berfikir out of the box, jangan mau dipersempit pemahaman dan pikiran bahwa rezeki selalu dari pabrik.

Sekian artikel saya semoga bermanfaat bagi kita semua..
Jika anda merasa artikel saya bermanfaat mohon untuk di share ke yang lain..


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

komentar
26 Februari 2017 09.04 delete

Tesnya kaya mau masuk jadi scurity ya Gan :D

Reply
avatar
26 Februari 2017 09.46 delete

Pantesan produksi ac mobil buat mobil sienta menurun jg mas...😂😂

Reply
avatar
26 Februari 2017 09.58 delete

ya gitu lahh .. kerja dimana emang teh?

Reply
avatar
26 Februari 2017 15.45 delete

Betul gan, rejeki itu ga harus materi juga, saya malah resign karena ingin dekat dengan keluarga, Alhamdulillah, sy dikit2 ada orderan bikin file Cv Online (pdf) hehe

Reply
avatar
26 Februari 2017 15.48 delete

Yupp.. Kerja paling enak itu hoby yang dibayar terlebih bisa dket keluarga

Reply
avatar
26 Februari 2017 16.19 delete

Mas saya pendingan tbina dari september 2016, tinggal nunggu ojt, mas menurut mas soal 20 yg materi induksi ada kemungkinan gagalnya gk ya, soalnya saya dari 20 soal cuman bener 7 soal. Mksh..

Reply
avatar
18 Maret 2017 19.43 delete

Keren min bagi pengalam kerja nya. Jadi ada bayangan pas kerja ntar

Reply
avatar
26 Mei 2017 08.53 delete

hah ? serius nih ? baru lulus sekolah yak ?

Reply
avatar
11 Juni 2017 22.46 delete

gan,kalau induksi itu ngapain aja ya? apakah ada kemungkinan gagal?

terimakasihh....

Reply
avatar
15 Juni 2017 15.24 delete

mas tanya dong,MCUnya dicek apa aja ?
Makasih

Reply
avatar
19 Juli 2017 11.53 delete

Gan kalau skck d periksa gak yahh??

Reply
avatar
19 Juli 2017 11.54 delete

D periksa tanggal kadlauarsa skck nggak?
Mohon pencerahan

Reply
avatar
19 Juli 2017 11.55 delete

D periksa tanggal kadlauarsa skck nggak?
Mohon pencerahan

Reply
avatar
14 Oktober 2017 10.49 delete

Gan kalo induksi itu ada kemungkinan gagal? Bales ya gan, urgent. Makasih

Reply
avatar