Tips Jitu Medical Check Up atau Tes Kesehatan Kerja ( 1000% pasti lolos)


Tips Jitu MCU / Tes Kesehatan Kerja ( 1000% pasti lolos) -  Medical Check Up (MCU) atau biasa orang menyebutnya Tes Kesehatan. Dalam proses penerimaan karyawan baru sebuah perusahaan Medical Check Up biasanya di laksanakan pada tahap terakhir atau setelah tes interview.

Apa sih fungsi dan tujuan MCU ini ??

Medical Check Up sendiri adalah cara perusahaan untuk meminimalisir dan langkah penanggulangan dalam prises penerimaan pegawai atau karyawan baru untuk mendapatkan pegawai atau karyawan baru yang benar - benar sehat dengan cara melakukan tes kesehatan secara menyeluruh kepada para calon karyawan.

Banyak orang yang menganggap bahwa MCU adalah hal yang menakutkan khususnya bagi para perokok baik perokok aktif maupun pasif, terlebih MCU biasanya adalah tes terakhir setelah rentetan tes sebelum nya yang melelahkan. Tentu akan sangat mengecewakan jika gagal di tahap terakhir.

Akan tetapi bagi orang yang tidak merokok pun sangat disarankan agar mempersiapkan diri sebaik mungkin ketika akan melaksanakan MCU, kenapa ?    Saya mempunyai seorang teman yang pola hidup nya sangat sehat namun ketika mengikuti MCU dia dinyatakan tidak lolos karena memiliki penyakit paru-paru.

Saya sendiri sudah 3 kali mengikuti MCU yaitu di Pt. Jvc Kenwood Indonesia, Pt. CNC, dan Pt. Toyota Boshoku Indonesia dan semuanya alhamdulillah lolos. Lalu apa sih persiapan dan tips nya agar lolos MCU / Tes Kesehatan ini ? 

Berikut persiapan yang wajib dilakukan sebelum MCU :

1. Perbanyak Minum Air Mineral 

Air mineral mempunyai manfaat yaitu membersihkan racun dari seluruh bagian tubuh yang kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk kemudian dibuang selain itu air mineral juga dapat membantu mengencerkan darah untuk mencegah penggumpalan darah. Bagi anda yang akan melaksanakan MCU sangat disarankan agar mengonsumsi air mineral sebanyak mungkin.

2. Olah Raga Ringan Seperti Lari Pagi 

Banyak sumber yang mengatakan bahwa Lari pagi bisa menghindarkan kita dari kerusakan mata. Selain itu lari pagi juga mampu meningkatkan tingkat konsentrasi karena distribusi oksigen menuju otak menjadi lancar.

3. Berhentilah Merokok dan Minum Minuman Ber alkohol

Saya rasa kita semua sudah tau lah apa bahaya merokok dan minuman keras, saya sendiri adalah seorang perokok aktif yang saya lakukan sebelum MCU adalah berhenti merokok, banyak mengkonsumsi fresh milk ( recomended bear brand atau biasa disebut susu beruang) dan juga madu agar nikotin di dalam tubuh kita hilang.

4.  Istirahat Yang Cukup dan Berpuasa

Pada malam sebelum anda melaksanakan MCU disarankan agar anda beristirahat yang cukup tidur 8 jam dan juga anda berpuasa, puasa disini bukan berarti tidak makan dan minum tetapi anda hanya tidak boleh mengkonsumsi nasi ini berfungi agar gula darah anda terkontrol. Untuk air mineral anda tidak dibatasi jadi anda boleh meminum sebanyak - banyak nya.

5. Hindari Mengkonsumsi Obat - Obatan

Jangan mengkonsumsi obat - obatan sehari sebelum anda akan melaksanakan MCU kenapa ? Kebanyakan obat - obatan pasti menggunakan zat adiktif, pada waktu tes urine petugas pasti akan mengetahui kandungan urine kita jika ditemukan zat adiktif tersebut maka kita bisa dianggap sebagai pemakai zat adiktif / narkoba.

Tips Pada Saat Pemeriksaan MCU :

1. Tes darah 

Tujuan utama tes darah adalah untuk mengetahui jenis atau golongan darah kita, selain itu tes darah juga digunakan untuk memastikan apakah kita memiliki penyakit atau tidak. Agar lolos dari tes ini kita harus memiliki tensi darah antara 80-120. Istirahat yang cukup dan hindari begadang adalah hal yang harus dilakukan agar kita bisa memiliki tensi darah normal dan juga memperbanyak air mineral dan susu. Hindari mengkonsumsi daging kambing karena daging kambing memicu tekanan darah tinggi.

2. Pengukuran Tinggi Badan

Kebanyakan perusahaan mematok tinggi badan untuk pria adalah 165 cm sedangkan untuk wanita 155 cm, pada tes ini yang perlu kita lakukan adalah pasrah karena tentu tidak mungkin semisal tinggi badan kita 160 cm sedangkan minimal tinggi badan 165 cm untuk lolos. Kecuali anda berani untuk menjinjitkan kaki atau bisa juga memakai kaus kaki lebih dari satu namun ini sangat tidak saya anjurkan.

3. Tes Mata, Hidung dan Telinga

Untuk tes mata yang akan di tes adalah buta warna dan juga visus mata. Pada tes buta warna kita akan diminta menyebutkan angka pada suatu gambar anda bisa mencari gambar tersebut di google dengan keyword " tes buta warna " . sedangkan visus mata anda akan diminta untuk membaca deretan huruf pada kertas jarak kita dengan kertas tersebut biasa nya 6 meter.

Tea hidung / penciuman berguna untuk menguji seberapa peka hidung kita, pada tes ini mata dan telinga kita akan ditutup lalu kita diminta untuk mencium sebuah benda dan diminta menyebutkan apakah benda tersebut.

Tes telinga / pendengaran, pada tes ini kita akan diminta untuk menggunakan earphone dan diberi sebuah tombol, tombol tersebut kita gunakan sebagai tanda apakah kita mendengar suara atau tidak.

Namun sepengalaman saya perusahaan jarang yang melaksanakan tes penciuman dan pendengaran. Jadi mereka hanya melaksanakan yes mata itupun terkadang untuk orang yang bermata minus masih di beri toleransi.

5. Tes Urine

Tes urine berguna untuk mengetahui apakah ginjal kita masih berfungsi dengan baik atau tidak selain itu juga untuk mengetahui apakah kita menderita penyakit seperti diabetes, kencing manis dll..  Biasanya air seni / urine yang baik adalah yang bening untuk itu kita harus banyak Mengkonsumsi air mineral agar diperoleh air seni yang bening.

6. Tes Rontgen 

Tes ini berguna untuk memeriksa organ tubuh bagian dalam khususnya paru - paru, banyak orang yang sebelum melaksanakan tes ini mereka meminum kecap namun menurut saya hal itu tudak lah perlu buktinya saya yang seorang perokok aktif pun bisa lolos tanpa meminum kecap. Yang saya lakukan adalah berhenti merokok satu minggu sebelum MCU dan juga banyak mengkonsumsi susu beruang dan juga madu.

7. Tes Umum


Pada tes ini kita akan di minta untuk berbaring di ranjang lalu akan di cek mata, hidung, mulut..dll, dokter juga akan menekan - nekan perut kita dan bertanya ke kita " apakah sakit ? " . Selain itu kita juga akan ditanya mengenai riwayat kesehatan apahak kita pernah dirawat dan lain sebagai nya.

Namun terkadang ada juga perusahaan yang proses MCU nya terdapat test ambeien jadi akan di cek anus kita oleh dokter, apakah kita memiliki penyakit ambeien atau tidak.


Baiklah, demikian artikel tentang tips jitu agar lolos MCU / Tes Kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi joob seeker atau para pencari kerja. Dan semoga kawan - kawan yang akan melaksanakan MCU diberi kelancaran .. Aamiin




Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar
23 Mei 2017 10.39 delete

weww obat obat ada zat adiktif nya ya

Makanan Ibu Hamil

Reply
avatar