10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Pasti Dtanyakan dan Jawaban nya


10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Sering Ditanyakan dan Jawaban nya - Kebanyakan dari para pencari kerja merasa jika wawancara atau interview adalah saat atau masa paling mengerikan.

Ada yang takut karena grogi ada juga yang takut terjebak oleh pertanyaan si pewawancara. Oleh karena itu sebelum mengikuti wawancara ada baiknya anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Apa saja sih tips sebelum wawancara kerja ?

1. Yang pertama adalah buatlah contekan tentang pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan pada waktu wawancara. Contekan yang saya maksud bukan berarti anda harus membawa contekan tersebut pada waktu wawancara, akan tetapi buatlah list jawaban setiap pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan. Tulis lah pada kertas kecil dan cobalah untuk menghafal semua jawaban yang anda tulis.

Coba lah untuk sebisa mungkin anda hafal seluruh jawaban yang anda tulis. Selain itu ada juga perusahaan yang dalam wawancaranya menggunakan bahasa inggris walaupun campur-campur. Jadi anda harus belajar sedikit tentang bahasa inggris sedikit.

2. Sebelum berangkat ke lokasi wawancara ada baiknya anda makan terlebih dahulu, tetapi jangan terlalu kenyang untuk menghindari perut mulas sewaktu-waktu.

3. Datanglah 15 menit lebih awal dari jadwal untuk mengantisipasi agar anda tidak telat. Pastikan juga anda tidak Kebelet kencing atau BAB. Pastikan pakaian anda sudah rapih.

Itu lah beberapa tips sebelum wawancara kerja, sekarang kita langsung menuju ke topik utama yaitu 10 Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Sering Ditanyakan dan Jawaban nya :

1. " Bisa tolong ceritakan tentang diri anda ? "
Untuk menjawab pertanyaan ini usahakan untuk tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek, saya menyarankan selama 2 menit saja. Untuk menjawabnya anda bisa menceritakan profil lengkap anda, sekolah, jurusan, orang tua, asal, tahun lulus, anak ke berapa dari berapa bersaudara, dll.

Hindari jawaban yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan seperti tentang masalah asmara dll.

2. " Kenapa anda ingin bekerja disini ? "
Jawablah pertanyaan ini dengan jujur contoh nya anda bisa menjawab seperti ini " Perusahaan bapak adalah perusahaan yang besar dan terus berkembang, tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri jika saya bisa bekerja dan berkontribusi langsung demi kemajuan perusahaan bapak ".

Jangan sekali-sekali anda menjawab demhan jawaban yang berkesan menjelek-jelek kan perusahaan tempat anda sebelumnya bekerja.

3. " Kenapa anda resign dari perusahaan sebelumnya ? "
Pertanyaan ini juga harus dijawab dengan jujur, hindari jawaban yang berkesan menjelek-jelekkan perusahaan tempat anda sebelumnya bekerja. Hindari juga menjawab yang menyinggung masalah pribadi seperti karena gaji kurang dll.

4. " Apa kekurangan dan kelebihan anda ? "
Bisa dibilang ini adalah pertanyaan yang masih banyak sekali pencaker bingung untuk menjawabnya.

Untuk menjawab tentang kelebihan tentu anda harus menjawab pertanyaan ini dengan jujur dan apa adanya. Pewawancara tentunya ingin mengetahui lebih tentang diri anda. Anda bisa mwnjawab dengan sifat-sifat yang positif misalnya disiplin, bekerja keras, bisa bekerjasama dengan tim, apapun itu yang penting detil dan positif.

Sedangkan untuk kekurangan saya menyarankan untuk menjawab 3 saja dan harus disertai dengan langkah kongkrit anda dalam rangka menanggulangi kekurangan anda. Jangan sekali-kali anda menjawab "Saya orangnya pemalas".

5. " Apa yang bisa anda berikan namun orang lain tidak bisa ? "
Kasar nya si pewawancara ingin mengetahui apa keunikan dari anda dan yang jarang orang lain miliki. Jawab lah pertanyaan ini dengan jujur karena biasanya dengan pertanyaan yang bersifat pribadi seperti ini pewawancara akan mudah mengetahui sifat asli anda.

Contoj jawaban yang bisa anda gunakan " Saya memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan bisa diandalkan".

6. " Apa pendapat anda tentang atasan anda dulu ? "
Melalui pertanyaan ini pewawancara ingin mengetahui apakah dulu anda memiliki konflik dan juga apakah anda bisa bekerjasama dengan tim.

Anda bisa menjawab seperti ini " Atasan saya dulu sangat baik, saya banyak mendapat pelajaran berharga darinya dan juga dia sangat perhatian kepada bawahan nya".

Jangan sampai anda menjawab dengan jawaban yang menjelek-jelekkan atasan agan seperti "Saya  benci dengan atasan saya yang dulu karena dia botak" dll.

7. " apa cita-cita jangka pendek dan jangka panjang anda ? "
Melalui pertanyaan ini pewawancara ingin mengetahui apakah anda adalah orang yang hidup dengan tujuan atau hidup asal hidup.

Cita-cita jangka pendek sendiri adalah tujuan/target yang ingin anda raih dalam jangka waktu 1-3 tahun kedepan.
Sedangkan Cita-cita jangka panjang adalah tujuan/target yang anda ingin capai dalam 5 tahun keatas mendatang.

Setiap orang tentu tujuan hidup nya berbeda, tentu nya anda harus menjawab pertanyaan ini apa adanya dan jujur sesuai dengan tujuan hidup anda.

8. " Apa motivasi anda untuk bekerja ? "
Walaupun kesan pertanyaan ini seserhana namun sebenarnya cukup rumit, Tidak ada parameter atau patokan yang jelas jawaban apa yang benar dan jawaban apa yang salah.

Pikir dan carilah apa faktor paling mendasar yang mendorong anda untuk bekerja, apakah hanya untuk mencari uang atau karena memang anda menganggap pekerjaan tersebut sebagai passion anda. Usahakan anda menjawab secara spontan dan tidak berkesan sudah anda persiapkan terlebih dahulu jawaban tersebut.

9. " Berapa lama anda akan beradaptasi dan berkontribusi secara nyata pada perusahaan ini ? "
Pertanyaan ini tentunya cukup rumit apabila anda belum mengetahui dimana dan bagian apa anda akan ditempatkan natinya jika diterima,  namun jika anda sudah mengetahui dan kebetulan anda pernah bekerja di bidang yang sama maka menurut saya dalam waktu 3-6 minggu anda sudah bisa beradaptasi dan berkontribusi secara nyata.

10. " Ada hal lain yang ingin anda tanyakan ? "
Ini hanya pertanyaan penutup, si pewawancara hanya ingin memastikan bahwa anda juga memiliki persiapan tentang perusahaan.

Saran saya berikan lah pertanyaan yang berkualitas agar terkesan bahwa anda telah mwmpersiapkan nya sebelumnya. Anda bisa bertanya perihal jabatan atau bagian yang sedang membutukan orang, bisa juga anda bertanya tentang perkembangan produksi perusahaan.

Baiklah sekian artikel saya tentang 10 pertanyaan wawancara kerja yang pasti ditanyakan dan jawabannya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »