5 Cara Simpel Membedakan Lowongan Kerja Asli dan Palsu


Cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu - Pada aertikel ini saya akan menjelaskan beberapa ciri lowongan kerja palsu. Artikel ini sangat cocok untuk para lulusan baru atau fresh graduate yang baru masuk ke duni per-ngangguran.

Sering sekali saya jumpai pencari kerja yang memposting di grup loker screenshot yang isinya panggilan kerja dengan caption " Ini asli atau tidak ya ? ". Banyak yang menanggapi dengan santai namun tidak sedikit yang mallah membully.

Saya yakin kebanyakan orang yang menanyakan hal itu adalah mereka yang baru lulus dan baru masuk ke dunia per-ngangguran. Namun pada artikel ini saya akan mencoba membahas secara detail cara mudah membedakan lowongan kerja asli atau palsu.

Banyak di luaran sana baik berupa informasi di website ataupun melalui selebaran kertas yang memuat lowongan kerja dengan gaji yang fantastis yang membuat para pencari kerja tertarik dan tidak mungkin melewatkannya. Apa lagi jika pada informasi tersebut tertulis perusahaan yang didambakan dan diimpikan, tentu akan sangat sulit untui melewatkannya.

Saran saya jangan mudah tergiur kenapa ? Sekarang ini banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab yang menyalah gunakan nama besar perusahaan tertentu dengan tujuan utama untuk menipu para pencari kerja, yang nanti ujungnya pencari kerja akan dimintai uang untuk sesuatu yang tidak jelas. Cara yang umumnya mereka gunakan salah satunya adalah meminta pencari kerja untuk melamar kerja melalui sms.

Maka dari itu jadilah pencari kerja yang cerdas, tetap berfikir logis agar terhindar dari penipuan busuk semacam itu.

Simaklah dengan sesama cara membedakan lowongan kerja atau palsu berikut ini :


1. Perhatikan informasi perusahaan.
Hal yang pertama harus anda lakukan adalah anda harus memastikan alamat dan nomor telepon perusahaan yang anda lamar. Cari lah informasi mengenai alamat resmi perusahaan dan nomor telefon nya, anda bisa mencarinya di google atau menggunakan google maps.

Jika anda mendapatkan panggilan untuk tes baik melalui email ataupun sms tetapi alamat yang dicantumkan tidak sesuai dengan alamat resmi perusahaan maka anda patut curiga. Biasanya para penipu mencantumkan alamat ruko sebagai tempat tes nya ditambah lagi biasanya para penipu akan menunjukkan rute, kendaraan umum yang harus di naiki, dan lain sebagainya, tentu hal itu tidak mungkin dilakukan oleh perusahaan. 

2. Perhatikan alamat email yang anda lamar.
Walaupun ada namun sangat sedikit perusahaan yang mau menggunakan email web based gratisan macam gmail atau yahoo, rata-rata perusahaan besar pasti memakai email berbayar yang itupun hanya aktif ketika perusahaan tersebut sedang membuka lowongan kerja. Namun sekarang ini orang bisa dengan mudah membuat akun email dengan domain custom sesuka hati, gratis pula.

Contoh email perusahaan yang resmi : recruitment@aisin-indonesia.co.id .

Oleh karena itu sebelum mengirim lamaran anda lewat emai pastikan bahwa alamat email tersebut adalah email asli/resmi dari perusahaan yang anda lamar, anda bisa mencari tahu di website perusahaan tersebut, biasanya mereka mencantumkan alamat email resmi untuk recruitmen.

Untuk mengirim lamaran via email sendiri ada beberapa hal yang anda harus perhatikan selain alamat email yang akan dilamar, di kesempatan yang lalu saya sudah membahas tentang tata cara mengirim lamaran kerja via email di hp yang benar.

3. Hindari permintaan uang
Biasanya dalam hal penerimaan karyawan baru perusahaan tidak akan memungut biaya sepeserpun memang pada waktu Medical Check Up  anda akan diminta membayar dengan uang sendiri, namun nantinya jika anda sudah bekerja akan diganti oleh perusahaan tersebut.

Para penipu biasanya memanfaatkan keluguan dan keinginan membara untuk bekerja anda khususnya yang fresh graduate untuk merampas uang anda dengan seribu alasan yang tidak jelas, seperti uang transport lah uang member dan lain sebagainya. Jika anda mengalami hal seperti ini maka anda hrus berfikir jutaan kali untuk mau memberikan uang anda.

4. Carilah informasi lowongan kerja di situs yang terpercaya.
Saya sudah membuat artikel tentang situs penyedia info lowongan kerja paling terpercaya silahkan anda baca. Ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan info lowongan kerja yang  menyesatkan diluar sana. Ada yang secara gamblang berniat menipu dengan meminta pencari kerja melamar kerja lewat sms ke nomer mereka.

Berfikirlah secara logis, mana ada perusahaan yang bisa dilamar hanya dengan mengirimkan biodata melalui sms ? Dan hanya selang beberapa jam setelah anda mengirim sms anda akan langsung diminta untuk hadir mengikuti tes seleksi ?. Sedangkan orang yang melamar pekerjaan lewat jalur konvensional seperti POS saja harus menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mendapatkan panggilan tes seleksi.

Walaupun anda tertekan dengan hutang atau masalah lainnya yang membuat anda ingin cepat bekerja anda tetap harus berfikir logis dan rasional.

5. Lakukan pengecekan ketika anda mendapatkan panggilan.
Anda harus benar-benar yakin bahwa pengirim panggilan baik yang melalui sms atau email memang berasal dari perusahaan yang anda lamar. Anda bisa menanyakan di forum info loker dan lain nya untuk memastikan apakah benar panggilan tersebut berasal dari nomer atau email perusahaan yang anda lamar.

Jika memang panggilan tersebut resmi biasanya akan ada banyak orang yang dipanggil, anda bisa bertanya dan berdiskusi dengan mereka.

Atau jika anda memiliki teman yang bekerha di perusahaan yang mengundang anda untuk tes anda bisa bertanya kepada teman anda, apa benar perusahaan tersebut sedang membuka lowongan, apa benar tempat tesnya benae di sms / email undangan.

Demikianlah artikel saya mengenai cara membedakan lowongan kerja asli atau palsu.

Semoga bermanfaat untuj kita semua, jika ada data atau kata-kata saya yang salah anda bisa mengirimkan kritik dan saran anda melalui menu contact us atau langsung melalui email ke dterevski@gmail.com.

Jika anda merasa artikel saya bermanfaat silahkan bagikan ke teman yang membuyuhkan.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »