Contoh Resume Lamaran Kerja Yang Baik


Contoh Resume Lamaran Kerja Yang Baik - Bagi anda fresh graduate saya yakin masih bingung apa perbedaan Resume dan Cv. Tapi tenang, sebelum melangkah lebih jauh saya akan terlebih dahulu apa itu Resume.

Resume sendiri adalah rangkuman dari pendidikan, keahlian, pengalaman yang ditulis kurang dari 2 halaman. Tujuan dari resume ini adalah untuk merangkum kualifikasi seseorang secara singkat namun jelas.

Sedangkan CV atau Curiculum Vitae isinya memang sama dwngan resume akanntetapi dalam penulisannya CV ini lebih panjang biasanya 2 halaman atau lebih. Dan juga isi dari CV ini lebih detil dan rinci.

Sampai disini saya harap anda sudah paham apa perbedaan mendasar antara resume dan Curiculum Vitae.

Sebelum saya memberikan contoh resume yang baik saya akan memberikan beberapa tips menulis resume yang baik.

Banyak para pencari kerja yang cuek dalam membuat resume ini, sbenarnya alangkah baiknya dalam membuat resume ini menggunakan rancangan khusus yang sesuai dengan karakter si pencari kerja. Atau banyak juga yang membeli formulis resume yang memang dijual di tukang foto copy, memang itu tidak sepenuhnya salah akan tetapi ada baiknya jika menggunakan rancangan sendiri yang sesuai dengan karakter masing-masing.

Tips menulis resume yang baik :


- Fokus lah pada pencapaian bukan tugas dantanggung jawab.
Patut anda ketahui bahwa HRD tidak terlalu oeduli dengan apa yang anda kerjakan sehari-hari. Akan tetapi mereka lebih tertarik dengan pencapaian apa yang telah anda capai khususnya di pekerjaan lama anda. Jangan membuat resume yang terkesan seperti catatan harian fokuslah pada apa yang telah anda capai.

Lantas apa saja pencapaian-pencapaian yang dapat anda tulis ?



  1. Award atau penghargaan khusus yang pernah anda dapatkan ditempat kerja anda sebelumnya.
  2. Ide atau inovasi atau biasanya di perusahaan jepang disebut kaizen atau improvement yang pernah anda buat.

Intinya adalah tulis sesuatu hal yang positif yang membuat sebuah perubahan yang baik di perusahaan anda swbelumnya.

- Gunakanlah contoh kuantitatif.
Maksudnya apa ? Maksudnya adalah gunakan contoh untuk membuktikan apa yang pernah anda capai, hal ini sama pentingnya dengan fokus terhadap pencapaian yang pernah diraih.

Intinya gunakan lah angka atau statistik untuk membuktikan kebenaran tentang pencapaian yang telah anda capai. Contohnya ? Contohnya seperti ini, misalkan anda ingin menunjukan peningkatan produksi barang setelah anda melakukan improvement anda bisa menulis nya seprti ini " Berkat improvement yang saya lakukan produksi di line saya naik sebesar 10% ".

- Gunakan keyword atau kata kunci.
Penggunaan kata kunci yang tepat bukan hanya akan membuat HRD tertarik tetapi efek lainya adalah anda akan terlihat lebih profesional. Pikirkanlah untuk menggunakan kata kunci yang tepat karena tentunya akan meningkatkan kualifikasi pada diri anda.

Patut anda ketahui bahwa HRD biasanya hanya membutuhkan waktu 10 detik apakah resume anda menarik atau tidak. Maka dari itu gunakanlah kata kunci yang tepat dan rangkum kualifikasi anda secara baik.

- Buang informasi yang tidak penting.
Anda harus memaatikan bahwa informasi yang anda cantumkan pada resume anda dapat meningkatkan peluang anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang anda impikan. Percuma jika resume anda penuh namun tidak ada gunanya dan tidak menambah poin positif untuk anda dikarenakan informasi yang anda cantumkan tidak relevan.

Contohnya jika anda melamar untuk posisi operator produksi yakinkah anda jika resume anda fokus menyoroti keahlian anda dibidang produksi. Pastikan resume anda lebih baik dari resume para kandidat lain nya.

Buatlah resume sebaik mungkin agar kesempatan anda untuk mendapat pekerjaan yang anda impikan semakin besar. Anda bisa membaca artikel saya yang lain nya jika anda ingin mengetahui  Contoh cara mempromosikan diri di JobStreet yang benar.

Demikian lah artikel saya tentang Contoh resume lamaran kerja yang baik. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk para pencari kerja.

Jika menurut anda artikel saya bermanfaat silahkan bagikan kepada teman yang membutuhkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »