Penyebab Gagal Tes Medical Check Up


Penyebab Gagal Tes Medical Check Up - Medical check up atau tes kesehatan yang akan saya bahas diartikel ini adalah medical check up untuk calon karyawan. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang tips lolos medical check up.

Anda bisa menemukan apa persiapan dan Tips Jitu Medical Check Up diartikel saya yang lain.

Pada artkel tersebut saya sudah menjelaskan secara lengkap mengenai apa dan tujuan Medical check up namun tidak ada salahnya kita membahas nya lagi.

Apa itu Medical check up ? Secara umum Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Medical check up juga merupakan salah satu tahap dalam oroses seleksi karyawan baru.

Medical check up apa saja ? Medical check up ini cukup panjang pemeriksaan nya antara lain Tes visus mata, Tes buta warna, Tes darah, Tes rontgen,Tes gigi, dll.

Saya sendiri dulu pernah gagal mengikuti tes Medical check up ini, waktu itu saya mengikuti MCU untuk Pt. Astra Honda Motor dan sampai sekarang pun saya belum tau kenapa dulu saya tidak lulus.

Kenapa saya membahas mengenai Penyebab gagal tes medical kerja ? Karena banyak di luaran sana para pencari kerja yang merasa bingung karena merasa dirinya sehat tapi ternyata tidak lulus tes Medical check up ini. Selain itu dengan membahas topik ini saya berharap kawan-kawan bisa mengantisipasi sedini mungkin agar nantinya tidak mengalami kegagalan dalam tes Medical check up.

Mungkin ada diantara anda yang bertanya mengenai biaya medical check up, soal biaya tentu tiap-tiap Rumah Sakit pasti berbeda. Sejauh ini saya pernah melakukan tes Medical check up di 3 Rumah Sakit di daerah Bekasi berikut biaya yang dulu saya keluarkan :

1. Rs Bella ( untuk Pt. Toyota Boshoku Indonesia ) : Rp. 195.000
2. Rs Hosana Medika ( untuk Pt. CnC ) : Rp. 95.000
3. Klinik Chio ( untuk Pt. JEIN ) : 6) Rp. 60.000

Sebelum ke topik utama saya ingin membahas satu hal yang saya sendiri belum tau kebenaran nya yyaitu minum kecap sebelum medical check up. Minum kecap sebelum medical check up tentu sebagian besar dari para pencari kerja sudah mengetahuinya. Akan tetapi apakah hal itu tepat dan benar-benar dapat membuat anda lolos ? Entah lah saya juga belum mengetahui nya secara pasti karena banyak sumber yang menganjurkan justru untuk melakukan hal ini.

Namun sepengalaman saya, saya tidak pernah melakukan hal itu dan alhamdulillah hasilnya 3 kali lolos dan 1 kali gagal. Tujuan dari meminum kecap ini katanya untuk menutupi paru-paru pada waktu melakukan rontgent, tapi menurut saya cukup dengan rutin minum susu steril.

Lalu bagaimana cara agar lolos tes kesehatan gigi ? Jarang sih perusahaan swasta yang mempertimbangkan tentang kesehatan gigi, namun jika anda kebetulan akan mengikuti medical check up dan disitu ada tes kesehatan gigi maka anda harus mempersiapkan diri anda. Tentu anda harus menjaga kebersihan gigi anda dengan rutin menyikat gigi, jika ada gigi anda yang berlubang anda bisa menambalnya di dokter gigi atau yang lain nya.

Baiklah langsung saja kita membahas topik utama yaitu Penyebab gagal tes medical check up :

1. Tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi tekanan darah antara lain Aktifitas, Usia, Lemak dalam darah, Kesehatan jantung, Psikis, dll.

2. Jantung tidak sehat atau tidak normal.
Jenis atau macam-macam penyakit jantung ini ada banyak antara lain :

- Imfark Miokard Akut.
- Jantung Koroner.
- Gagal Jantung.
- Kardiomiopati.
- Jantung Rematil, dan masih banyak lain nya.

3. Ritme jantung tidak normal.
Manusia rata-rata memiliki denyut nadi 60 sampai 100 kali permenit. Semakin rendah denyut nadinya maka semakin sehat orang tersebut. Akan tetapi para dokter mengusulkan jika standar untuk denyut nadi normal adalah 50-70 kali per menit.

4. Menggunakan narkoba.
Untuk poin ini tentu tidak perlu dijelaskan secara rinci karena saya yakin anda tahu kenapa. Jika anda adalah seorang pemakai narkoba maka jangan harap bisa lulus medical check up karena zat dari narkoba tersebut nantinya akan terdeteksi saat darah dan urine anda diuji.

5. Menderita Hiv/Aids ataupun penyakit menular lain nya.
Tujuan dari Medical check up ini adalah menyaring para calon karyawan agar didapat orang yang benar-benar sehat, jika anda menderita penyakit Hiv/Aids ataupun penyakit menular lain nya maka saya yakin anda akan susah untuk bisa lulus.

6. Cacat fisik atau bertato.
Cacat fisik yang biasanya sering membuat para calon karyawan gagal adalah patah tulang, itu kenapa biasanya pada saat tes fisik calon karyawan akan diminta untuk telanjang dada untuk dicek apakah oernah patang tulang dan apakah memiliki tato.

7. Mengalami gangguan pendengaran.
Saya kira poin ini tidak perlu dibahas secara rinci karena anda pasti sudah tau.

8. Kolesterol.
Kolesterol ada dua jenis yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik.

Kolesterol baik (hdl) semakin tinggi tingkat kolesterol satu ini maka akan semakin baik untuk kesehatan.
Kolesterol jahat (ldl) sesuai namanya kolesterol jahat ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan jika tingkat nya semakin tinggi.

Beberapa makanan yang merupakan sumber kolesterol jahat antara lain Daging unggas, Kentang tumbuk, Gula tambahan, Pizza, Kelapa, dll.

9. Buta warna dan mata minus atau plus.
Beberapa perusahaan masih bisa mentolerir jika mata minus atau pun plus, namun untuk buta warna jarang perusahaan yang bisa mentolerir. Kenapa ? Di dunia industri banyak hal yang dilambangkan dengan warna  jika karyawan tersebut buta warna tentu akan sulit untuk dia dalam bekerja.

10. Leukimia.

11. Kencing manis.


Itulqh artikel saya mengenai Penyebab gagal tes medical check up. Saya harap bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi para pencari kerja.

Jika anda merasa artikel saya bermanfaat maka mohon share kepada yang membutuhkan.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
14 Juni 2017 14.11 delete

Kalo pernah kecelakaan an dirawat dirumah sakit karna pingsan berpengaruh gak min??

Reply
avatar