Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Hp Yang Baik dan Benar

Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Hp yang Baik dan Benar  -  Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pencari kerja atau job seeker untuk melamar pekerjaan adalah mengirim lamaran via email. Di era teknologi canggih sekarang ini hampir semua aspek kehidupan manusia telah tersentuh kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi.

Untuk mengirim surat lamaran kerja via email tentu nya tidak asal melampirkan file CV lalu klik kirim, namun ada prosedur agar HRD pun segan untuk membaca lamaran anda.

Oleh karena itu pada artikel ini saya akan mencoba untuk menjelaskan secara rinci bagaimana Tata cara mengirim lamaran kerja via email yang baik dan benar, baiklah langsung saja kita mulai :

1. Perhatikan Subject Email


Cara mengisi subject email
Contoh pengisian Subject email

Kolom subject ini tentunya adalah bagian yang paling pertama dilihat oleh HRD. Anda bisa mengisi kolom ini seperti gambar di atas sesuaikan dengan posisi yang akan anda lamar. Jangan sampai anda mengosongkan kolom subject ini karena akan sangat fatal.

Jika diibaratkan surat lamaran konvensional surel tanpa subject itu seperti anda mengirim lamaran lewat pos tapi tidak ditulis apa isi surat dan tujuan anda mengirim surat tersebut. Tentu mungkin yang dilakukan HRD jika menemukan surat seperti itu akan langsung melempar dan membuangnya.

Beberapa format penulisan subject lainya :

- [ Lamaran Pekerjaan - Operator Produksi ] Faozi.

- [ HRD - Lamaran Qc ] Faozi ref Joko > jika anda memiliki referensi di perusahaan yang akan anda lamar.

2. Body atau Isi Email


Contoh isi body email
Contoh isi body email
Kebanyakan pencaker justru mengosongkan kolom ini padahal body/isi email adalah inti dari surat anda. Untuk mengisi body/isi ini tidak harus panjang-panjang yang penting komprehensif.

Cukup beri uraian singkat tentang diri anda, apa tujuan anda melamar pekerjaan dan apa yang anda lampirkan. Tulislah dengan bahasa yang benar tanda baca juga harus diperhatikan  dan kata-kata yang profesional.

3. Alamat email anda


Nama email yang baik
Contoh nama email yang baik
Buatlah akun email dengan alamat email yang terlihat profesional jangan gunakan alamat email yang terkesan alay dan kekanak-kanakan seperti " linalophechayanch@gmail.com " atau budidtagonballs@gmail.com atau yang sejenisnya.

Tentu HRD akan berpikir ulang ketika menemukan alamat email seperti itu, mungkin mereka akan berpikir bahwa anda hanya main-main atu juga berpikir bahwa anda bocah Sd.

4. Lampiran / file cv


Lampiran yang benar
Perhatikan nama, kelenkapan serta size file
Beberapa saran saya mengenai file lampiran :

- Kelengkapan berkas, perhatikan dengan seksama persyaratan dan berkas yang diminta oleh perusahaan. Usahakan harus benar-benar lengkap dan kualitas hasil scan nya juga harus bagus agar hrd bisa dengan jelas membaca point-point penting yang dibutuhkan.

- Perhatikan ukuran/size file, biasanya batas maksimal untuk ukuran file adalah 500 kb, bagi anda yang bingung bagaimana cara agar ukuran file lamaran nya kecil bisa membaca artikel saya  Cara cepat dan mudah membuat file lamaran dibawah 300 kb.

-Format file, kebanyakan perusahaan mengharuskan file lamaran dalam format pdf namun ada juga yang mengharuskan format doc. Pastikan anda benar-benar mengetahui format apa yang diharuskan oleh perusahaan yang akan anda lamar.

5. Pantau terus email anda 
Biasanya jika anda melamar kerja melalui email maka balasan dari perusahaan pun akan dikirim melalui email.

Saran saya jika anda menggunakan smartphone maka sinkron kanlah email anda agar anda mendapat pemberitahuan setiap kali ada pesan baru yang masuk ke email anda.


Baiklah itulah beberapa tips tentang Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Yang Baik dan Benar.
Semoga bisa bermanfaat bagi kite semua.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar